Perbedaan Hoist Dengan Katrol

Hallo happy people jumpa lagi dengan saya di artikel kali ini, yakni "Perbedaan Hoist dengan Katrol". Hoist adalah alat atau perangkat untuk mengangkut suatu beban dengan dimensi ukuran dan bobot yang berbeda-beda secara vertikal. Sedangkan Katrol hampir sama dengan hoist, katrol adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang tujuan penggunaannya ialah untuk memudahkan pekerjaan manusia.


Pembahasan Perbedaan Hoist dengan Katrol mulai dari masing-masing jenis dan macamnya.
Jenis dan macam dari Hoist dan Katrol




Hoist umumnya terbagi menjadi 2 tipe yaitu chain hoist ,dan wirerope hoist. Tentunya masing-masing tipe ini memiliki kelebihannya sendiri. Sedangkan jika ditinjau dari pergerakan hoist, hoist bisa dipilih sesuai kebutuhan, seperti type fixed atau up down untuk penyusun lift barang, warehouse, maupun workshop. Ada juga type 4 point yakni, up,down,left,right yang dipakai untuk komponen monorail crane.

Jenis-Jenis Katrol

Katrol memiliki banyak sekali model berdasarkan spesifikasi kegunaan dan ukuran. Beberapa diantaranya seperti list di bawah ini :


  • Katrol Tetap


Katrol tetap merupakan katrol yang terpasang di tempat yang tidak berpindah-pindah yangmana katrol tidak mengurangi gaya, melainkan memudahkan untuk mengubah arah gaya. Contoh dari katrol model ini seperti, katrol yang dipasangkan di kerekan sumur guna memindahkan air.


  • Katrol Bebas


Memiliki kedudukan atau posisi yang dapat berubah-ubah saat digunakan. Berada di atas tali yang bergantung, membuat katrol ini mudah untuk dipindahkan, tali tersebut diikat ujungnya di tempat yang diinginkan. Contoh dari pemanfaatan katrol jenis ini seperti, alat-alat perangkat dari peti kemas di pelabuhan.

Sistem kerja katrol, bagian utama katrol yang terdiri dari roda kecil berputar pada porosnya dan juga mempunyai alur tertentu disepanjang sisinya yang nantinya akan dililitkan tali, kabel, atau rantai untuk menarik dan mengangkat beban-beban yang berat ataupun untuk mengubah arah tenaga. Tali, kabel, atau rantai tersebut dikaitkan ke suatu beban, dan ujung lainnya ditarik oleh kuasa sehingga menjadikan roda katrol akan berputar.

Sekian penjelasan mengenai Perbedaan Hoist dengan Katrol yang sudah kami berikan melalui artikel ini. Terimakasih sudah mampir.

Comments

Popular posts from this blog

Pelatihan adwords express di hotel cleo jemursari surabaya